5 Kelebihan dan Kekurangan Bondek Yang Wajib Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Bondek

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Bondek untuk Konstruksi Bangunan

Teknologi dalam dunia konstruksi berkembang semakin kencang dengan adanya beberapa investor dari luar negeri dan pesat nya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bondek sebagai salah satu salah satu alternatif pengganti triplek saat ini tengah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Bondek adalah nama sebuah bahan material konstruksi yang terbuat dari komposisi bahan seng dan aluminium. Nama lain dari produk ini yakni FLoor Deck, ada juga yang menyebutnya dengan smart Deck.

Kelebihan dan Kekurangan Bondek
Bondek (Sumber : https://www.tatasteelconstruction.com/)

Bondek memiliki ketebalan yang bervariasi yakni 0.60 mm hingga 1 mm dengan lebar antara 500 mm – 1000 mm efektif terpasang. Bondek memiliki 2 jenis bahan yang umum digunakan di Indonesia yakni; Bondek Zincalume/galvalum dan Bondek Galvanis.

Produk Zincalume memiliki kelebihan terhadap karat hingga puluhan tahun, Galvanis tidak lebih tahan lama dibanding Zincalume dikarenakan galvanis tidak dapat memperbaiki karat pada bagian plat bondek. Apabila ada goresan karat pada plat Bondek Galvanis, maka akan lebih cepat menyebar kebagian lainnya.

Bondek Galvalume dan Bondek Galvanis

Namun Bondek Galvanis lebih awet cantik dari segi tampilan, karena lebih mengkilap daripada Zincalume yang berwarna Doff. Pilihan tergantung pada selera pengguna itu sendiri.

Saat ini, bondek telah banyak digunakan untuk berbagai konstruksi bangunan antara lain untuk Konstruksi Jalan Pada Jembatan, Parkiran Gedung Bertingkat,  Dak Beton Rumah dan sebagainya.

Dibawah ini kami rangkum 5 Kelebihan dan Kekurangan Bondek yang wajib anda ketahui sebelum menggunakanya untuk konstruksi bangunan anda.

Kelebihan Menggunakan Bondek Pada Bangunan

Dibawah ini kami sampaikan kelebihan dan manfaat Bondek untuk dak lantai beton pada bangunan.

1. Dapat Mengurangi Limbah

Triplek memiliki kelemahan yakni limbah ketika selesai digunakan. Bahan triplek setelah digunakan untuk konstruk beton akan kotor dan sulit dibersihkan, sehingga tidak dapat bermanfaat untuk digunakan kembali.

Triplek umumnya tidak dapat dipakai lebih dari 2 kali. Sehingga apabila tidak digunakan biasanya akan dimusnahkan dengan cara dibakar. Jika disimpanpun akan rusak juga dapat mengganggu pemandangan jika kita tidak mempunyai gudang untuk menyimpannya

2. Mengurangi Jumlah Pemakaian Besi

Ya, seperti yang kita tahu bondek memiliki gelombang yang berfungsi sebagai tulangan positif, dimana dapat menambah kekuatan struktur tulangan beton.

Penggunaan besi dapat dikurangi hingga 1 lapisan saja. Umumnya penggunaan besi pada konstruksi bondek dapat diganti dengan wire mesh (baca juga : Harga wiremesh)

3. Mengurangi Jumlah Tiang Penyangga

Bondek yang umumnya diletakkan diatas beton tulangan ring balok dapat berfungsi mengurangi jumlah pemakaian tiang penyangga. Biasanya tiang penyangga pada permukaan penahan cor triplek dipasang dengan jarak 40-60 cm, dengan bondek maka dapat dilebarkan dengan hanya 1 meter-1.2 meter untuk setiap jarak antar penyangga. Sehingga lebih hemat kaso kayu.

4. Pekerjaan Konstruksi Lebih Cepat

Tak perlu payah menyusun pekerjaan seperti triplek, bondek dengan ukuran yang lebar dan panjang bisa mengatasi waktu pengerjaan yang lama akibat persiapan. Sehingga lebih hemat waktu pengerjaan persiapan cor dak beton.

5. Tampilan Bagus

Bondek memiliki lekukan dan motif yang lumayan bagus untuk Anda yang mungkin suka dengannya. Namun untuk lebih mempercantik permukaannya Anda dapat mengecat bondek dengan warna yang Anda Suka. Sebagian orang yang menggunakan bondek biasanya tidak lain menggunakan plafon untuk mempercantik langit-langit nya.

Baca Juga: Harga Borongan Pasang Plafon Gypsum Per Meter

Kekurangan Menggunakan Bondek Pada Bangunan

Walaupun bondek sebagai alternatif pengganti triplek memiliki kelebihan diatas, namun ternyata bondek juga memiliki kekurangan, antara lain:

1. Biaya Lebih Mahal

Biaya pembuatan lapisan penahan cor ini lebih mahal dibandingkan dengan triplek. Biaya yang dapat dipersiapkan untuk pembuatan cor akan bertambah sekitar 10-15%. Bagi Anda yang ingin cepat dalam pekerjaan konstruksi hal ini masih bisa ditoleransi. Namun untuk budget minim tidak direkomendasikan.

Baca Juga : Harga Bondek Terbaru 2021

2. Persiapan Lebih Lama

Secara umum, bondek dapat lebih mudah dipasang jika keadaan ring balok sudah di cor. Apabila Anda ingin melakukan pengecoran balok bersamaan dengan bondek, maka persiapan tiang penyangga juga akan lebih banyak.

Dalam pengecoran balok juga tidak dapat langsung dipakai, namun harus menunggu kering terlebih dahulu bisa 7-14 hari baru bisa diletakan bondek diatasnya.

3. Sulit Mengindentifikasi Kebocoran

Kebocoran adalah hal yang menyebalkan. Apabila dalam proses finishing beton kurang maksimal, maka kebocoran tak bisa terelakkan.

Selain itu juga, beton yang dipakai haruslah berkualitas sehingga kebocoran dapat dicegah lebih dini. Direkomendasikan menggunakan beton ready mix agar kebocoran dapat diminimalisir. Untuk melihat harganya silahkan kunjungi halaman harga beton ready mix dari supplier beton ready mix terpercaya di Indonesia.

4. Pemasangan Harus Menggunakan Alat Bantu

Alat yang dipakai dalam penggunaan bondek ini yakni las listrik untuk menempelkan setiap ujung bondek pada besi kolom dan ring balok. Penggunaan alat ini tidak bisa menggunakan tukang biasa. Karena tukang biasa tidak selalu bisa menggunakan las listrik.

5. Pekerja Harus Orang yang Ahli dibidangnya

Bondek merupakan teknologi terbaru dalam dunia konstruksi. Pekerja tak semuanya dapat memasang jenis material ini. Maka diperlukan tenaga kerja khusus dalam pemasanganya yang dapat menghitung kekuatan beban dan juga kemanan struktur bangunan.

Beberapa kasus yang sering kami temui, bondek sering sekali roboh ketika dipasang beton cor, karena beton dalam 1 kubiknya memiliki beban hingga 2,5 ton. Untuk itu, konsultasikan terlebih dahulu apabila Anda ingin menggunakan bondek sebagai pengganti triplek dalam konstruksi bangunan Anda.

Itulah tadi sekilas tentang Kelebihan dan Kekurangan Bondek, dan beberapa hal penting ketika Anda ingin menggunakan material bangunan ini. Terima kasih telah mengunjungi kami. Share jika bermanfaat.